Pink Strawberry

Wednesday, September 12, 2012

PERBEDAAN PENGERTIAN ANTARA STATUS GIZI DAN MALNUTRISI



Sebelum membicarakan lebih mendalam tentang penilaian status gizi,ada baiknya terlebih dahulu memahami beberapa istilah yang berhubungan dengan status gizi.kerancuan pengertian istilah tersebut akan mengakibatkan interprestasi yang berbeda tentang beberapa hal mengenai penilaian status gizi.
Berbagai macam istilah tersebut meliputi : gizi,keadaan gizi,status gizi dan malnutrisi.istilah-istilah ini secara prinsip mempunyai pengertian yang berbeda,tetapi saling terkait satu dengan yang lainnya.
Istilah yang berhubungan dengan status gizi  :
·          
 
     Gizi (nutrition)
Gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses digesti,absorpsi,transportasi,penyimpanan,metabolisme dan pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan ,pertumbuhan dan fungsi normal dari organ-organ,serta menghasilkan energi.
·          

    Keadaan gizi
Keadaan akibat dari keseimbangan antara konsumsi dan penyerapan zat gizi dan  penggunaan zat-zat gizi tersebut.atau keadaan fisiologik akibat dari tersedianya zat gizi dari seluler tubuh.
·          
 
    Status gizi (nutrition status )
Eksperi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk variabel tertentu ,atau perwujudan dari nutriture dalam bentuk variabel tertentu. Contoh :gondok endemic merupakan keadaan tidak seimbangnya pemasukan dan pengeluaran yodium dalam tubuh.
·          
 
    Malnutrition ( gizi salah,malnutrisi)
Keadaan patologis akibat kekurangan atau kelebihan secara relative maupun absolute satu atau lebih zat gizi.
Ada empat bentuk malnutrisi :
1.under nutrition :kekurangan konsumsi pangan secara relative atau absolut untuk periode tertentu.
2.spesific deficiency:kekurangan zat gizi tertentu,misalnya kekurangan vitamin A,yodium,fe,dan lain-lain
·        

       Kurang energy protein (KEP)
Kurang energy protein adalah seeorang yang  kurang gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energy dan protein dalam makanan sehari-hari dan atau gangguan penyakit tertentu. Anak disebut KEP apabila berat badannya kurang dari 80% indeks berat badan menurut umur (BB/U)baku WHO-NCHS. KEP merupakan defisiensi gizi  (energi  dan protein) yang paling berat dan meluas terutama pada balita. Pada umumnya penyakit KEP berasal dari keluarga yang berpenghasilan rendah.

0 komentar:

Post a Comment