Pink Strawberry

Friday, September 7, 2012

Jenis DIET | Diet SEHAT | Diet ALAMI | macam-macam diet | Macam Diet |


Ternyata, diet tidak hanya sekedar membatasi porsi makan atau menghindari  tertentu.Ada beberapa macam jenis diet, yang menerapkan cara diet yang berbeda satu sama lainya. Walau dengan tujuan sama yaitu menghasilkan tubuh yang langsing tanpa lemak, indah dan . Jenis diet mana yang paling cocok buat Anda? Mari kita bahas satu per satu.
Weight Watchers
Program Weight Watchers berdasarkan pada sistem point, dimana setiap makanan memiliki sejumlah point tertentu berdasarkan pada kandungan lemak, serat dan kalorinya. Setiap orang ditentukan batas pointnya yang dibuat dengan maksud untuk mempermudah program penurunan berat badan. Weight Watchers tidak mencantumkan daftar makanan yang tidak boleh ataupun yang boleh dimakan. Fokus utamanya adalah menyediakan informasi, pengetahuan, sarana dan motivasi yang Anda butuhkan untuk membangun kesuksesan Anda sendiri dalam mempertahankan berat badan yang ideal dalam jangka panjang.

Weight Watchers tak hanya menjanjikan penurunan berat badan saja, melainkan juga menanamkan kebiasaan makan sehat. Anda tak akan dipusingkan oleh jenis makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan, karena semua makanan boleh Anda cicipi. Weight Watchers juga menyediakan berbagai produk makanan siap pakai

Dapatkah berhasil
Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda tak akan mendapatkannya di sini. Diperkirakan dalam seminggu bobot tubuh Anda hanya berkurang 1 kg. Tapi begitu Anda telah berhasil menurunkan berat badan, Anda akan dapat mempertahankannya dalam jangka waktu lama.
Agar berhasil untuk Anda
Bagaimanapun point atau penghitungan  hanyalah salah satu bentuk dari sebuah pengukuran. Sebatang permen mungkin mengandung  yang sama dengan sepotong rati berukuran besar, tapi belum tentu memiliki kandungan  dan efek yang sama). Jadi selain menghitung point, Anda juga harus lebih hati-hati dalam membangun kebiasaan makan sehat, yang nantinya akan membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan  Anda. Untuk informasi lebih lengkap tentang diet ini Anda bisa mendapatkan informasi maupun motivasi tersebut via www. Weightwatchers .com atau majalah Weight Watchers.
Diet Atkins
Bisa dibilang diet atkins merupakan diet yang rendah karbohidrat tinggi protein. Diet ini pertama kali diluncurkan oleh Dr. Robert C. Atkins yang juga seorang kardiolog, di awal tahun 70-an. Teori diet Atkins mengatakan bahwa dengan meningkatkan konsumsi makanan yang mengandung protein dan tidak makan karbohidrat sama sekali Selama 2 minggu pertama, tubuh akan membangun ketosis, keadaan dimana tubuh menggunakan lemak sebagai bahan bakar.
Setelah 2 minggu atau yang disebut tahap ke-2, Anda boleh mengkonsumsi karbohidrat, walau hanya dalam porsi yang amat sangat sedikit. Cara ini akan membuat tubuh mempertahankan kadar insulin tetap rendah dan menghentikan tubuh mengubah makanan menjadi lemak. Teorinya adalah bahwa makan terlalu banyak karbohidrat akan meninggikan kadar gula darah. Pada gilirannya hal ini akan menghasilkan insulin, yang dengan cepat menuju aliran darah dan mengubah kelebihan gula darah menjadi lemak yang disebut triglycerides, yang nantinya tersimpan sebagai lemak tubuh. setelah itu, ada dua tahap lagi yang harus dijalankan dalam diet ini yaitu, premaintenance dan maintenance. Pada tahap ini Anda hanya tinggal mempertahankan diet Anda, sekaligus mulai melihat hasilnya.
Diet Atkins akan mendorong metabolisme tubuh Anda dan begitu metabolisme Anda berubah, tubuh Anda akan menyesuaikan diri secara otomatis dengan cara pembakaran lemak yang baru.” Selain itu, dengan mengontrol kadar insulin tetap rendah, mereka yang mendetita penyakit jantung, hipertensi dan diabetes akan menampakkan adanya kemajuan klinis yang cukup berarti.

Dapatkah berhasil?
Diet ini memang berhasil untuk jangka pendek (3-6 bulan), jauh lebih baik daripada diet lainnya. Namun, dalam jangka panjang, sebuah studi yang dipubiikasikan dalam the New England Journal of Medicine memperlihatkan bahwa setahun kemudian mereka yang berdiet tidak mengalami penurunkan berat badan yang berbeda dengan mereka yang mengikuti diet rendah lemak konvensional.
Walaupun orang dengan diet ini makan lebih banyak daging, namun kemungkinan besar mereka mengurangi total kalori dengan cara makan lebih sedikit karbohidrat atau makanan tinggi kalori lainnya. Karena sebenarnya, kebiasaan ini membuat Anda lebih selektif memilih makanan, dan hal itu berdampak pada penurunan total asupan kalori.
Kekurangan
Ketakutan utama adalah makanan yang tinggi protein seringkali tinggi kadar lemak jenuhnya. Makan berprotein tinggi juga dapat menurunkan kadar kalsium yang dapat mencetuskan terjadinya osteoporosis. Begitu juga dengan orang yang memiliki masalah kesehatan seperti penderita liver dan ginjal, bisa mendapatkan stres yang tidak semestinya akibat tubuh mencoba untuk menghilangkan ketone. Ahli-ahli lainnya mengamati bahwa diet ini bisa menimbulkan masalah konstipasi, usus besar, ginjal atau naiknya kadar kolesterol. Anda juga akan mengalami bau mulut karena naiknya ketone.
Ahli gizi Wendy Martinson memperingatkan agar Anda tidak melakukan diet Atkins bila Anda sering berolahraga (4-5 kali seminggu). Karena untuk berolahraga Anda membutuhkan bahan bakar. Tubuh memang bisa mendapatkannya dengan membakar lemak, tapi tidak secepat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berolahraga. Akibatnya Anda akan kekurangan energi.
Agar berhasil untuk Anda
Jangan memanfaatkan diet ini sebagai alasan agar Anda bisa seenaknya makan steak, keju atau makanan tinggi protein (juga lemak) lainnya. Variasakan sumber protein dan makanlah banyak ikan dan buah-buahan rendah Karbohidrat serta sayuran yang diperbolehkan, misalnya: tauge, jamur, seledri, lada, lobak, asparagus, kol, bayam dan terung. Anda bisa menggunakan diet Atkins ini sebagai langkah awal untuk program penurunan berat badan Anda, tapi Jangan menggunakannya lebih dari 14 hari.

Detox Diet
Zat-zat kimia mempengaruhi metabolisme tubuh kita dan juga merusak selera serta kemampuan tubuh untuk membakar makanan. Karena itu mengurangi zat kimia yang masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh bekerja lebih baik. Kita akan menjadi lebih sehat dan lemak juga tidak akan menumpuk ditubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan organik dan kurangi konsumsi makanan yang telah diproses, terutama yang mengandung zat-zat berbahaya, seperti lemak jenuh serta zat pewarna.

Sebaiknya mengkonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan dan herbal selama sebulan penuh dan jangan mengkonsumsi daging, ikan, karbohidrat sederhana, dan juga garam.
Dapatkah berhasil?
Kedengarannya memang sangat bagus, tapi tampaknya banyak ahli nutrisi yang masih kurang memahami bagaimana zat kimia dapat mempengaruhi kenaikan berat badan. Namun Dr. Baillie Hamilton seorang dokter dengan gelar Ph.D di bidang metabolisme manusia. la melakukan sendiri penelitian tentang bagaimana racun dalam tubuh dapat menurunkan hormon yang akan mengontrol berat badan. Dan yang jelas, Detox Diet kemungkinan besar akan dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena membuat Anda mengurangi asupan kalori.
Kekurangan
Detox diet umumnya sangat rendah kalori, sehingga Anda akan mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis dalam waktu singkat. Risikonya Anda akan kekurangan nutrisi karena jumlah kalori yang dikurangi terlalu dramatis. Kemungkinan besar diet ini juga sangat rendah kalsium karena hampir 50% kalsium didapatkan dari dairy product, yang dilarang dalam diet ini. Dan itu berbahaya bagi kesehatan tulang.
Agar berhasil untuk Anda
Perbanyak minum air dan makan buah serta sayuran. Pilihlah sayuran organik bila memungkinkan, dan Jangan lupa untuk berolahraga secara teratur saat detoksifikasi. Tak perlu membiarkan diri Anda kelaparan, karena diet ini bukanlah diet yang mengharuskan Anda merasa lapar. Boleh juga menambahkan suplemen seperti misalnya Detoxil, yang mengandung nutrisi untuk membantu hati (liver) membersihkan racun dan melindungi sistem imunitas Anda. Kemungkinan juga Anda akan mengalami rasa sakit kepala, sakit perut, sembelit atau lelah saat tubuh mengeluarkan racun.
The Zone Diet diciptakan oleh Barry Sears, Ph.D. Dia menyebut diet ini rencana diet 40-30-30. Maksudnya komposisi nutrisi yang baik terdiri dari 40% karbohidrat, 30% lemak dan 30% protein. Dengan membuat menu makan setiap orang didasarkan pada banyaknya aktivitas dan persentase lemak tubuh, Sears dengan sangat scientific menyodorkan sistem 40-30-30 yang dibutuhkan oleh setiap orang, la pun menjelaskan bahwa semua makanan yang kita makan berada di dalam “block”. Begitu Anda telah dapat menghitung kombinasi unik “block” Anda, maka setiap kali makan, makanan Anda harus sesuai dengan “block” tersebut. Dengan cara itu, maka tubuh akan menampilkan petorma puncaknya (the Zone).
Tubuh akan mengeluarkan energi maksimum plus menurunkan berat badan. Sears sangat kaku dalam menerapkan sistem penghitungan kalori maupun komposisi nutrisi. Jadi menurutnya, Jika Anda mencoba membuatnya simpel, Anda bisa jadi tidak benar-benar berada dalam Zone. Sebagian orang yang sukses dengan cara ini mungkin akan menikmati kekakuan tersebut. Tapi, bila Anda bukan tipe orang yang menyukai detil, bisa-bisa Anda akan menyerah.


Pada prisnsipnya diet berteori kalau sekelompok makanan tertentu membutuhkan waktu cerna yang berbeda. Tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik bila kita mengkonsumsi makanan yang memiliki waktu cerna yang sama. Protein, umpamanya, memiliki waktu cerna yang panjang, sedangkan karbohidrat pendek. Karena itu keduanya tidak boleh dimakan berbarengan. Sebaliknya, protein dapat dikonsumsi bersamaan dengan sayur-sayuran hijau.
Penurunan berat badan yang baik dianggap berkaitan erat dengan pencernaan yang baik. Mengkonsumsi makanan dengan cara yang salah akan membuatnya busuk dan tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga menyebabkan terjadinya timbunan lemak. Jadi bila Anda tahu kapan waktu makan yang tepat serta berhasil menghindari makanan tertentu dikonsumsi pada saat yang bersamaan, otomatis pencernaan Anda bekerja lebih baik, dan bobot Anda pun akan turun dengan sendirinya.
Anda tak perlu menghitung-hitung kalori atau mengurangi porsi makan untuk menurunkan berat badan. Cukup dengan mengetahui kapan harus makan dan bagaimana kombinasi makanannya. Dengan begitu, tubuh akan secara alami mencapai dan mempertahankan . Dengan banyak makan banyak sayur dan buah, Anda akan terhindar dari sembelit, tubuh pun jadi lebih bugar dan jauh dari penyakit.
Kekurangan
a. Pakemnya tidak mudah untuk diikuti. Anda pun harus melakukan perubahan pola makan yang cukup drastis untuk menjalankan diet ini. Walaupun memang cukup banyak orang sukses menurunkan berat badan dengan cara diet ini.
b.  Selain sangat rendah kalori, dalam jangka panjang diet ini bisa menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, terutama vitamin D, B2, kalsium, dan zat besi. Agar berhasil untuk Anda
c. Untuk mengimbangi perubahan pola makan Anda yang cukup dramatis, Anda dapat memilih kombinasi makananan yang Anda sukai, Hitung-hitung menyenangkan hati supaya acara diet tidak terlalu menjadi beban.
d. Tambahkan suplemen untuk menyiasati kekurangan vitamin dan mineral.
Diet Sesuai Golongan Darah
Diet sesuai golongan darah atau yang disebut “Eat Right for Your Type Diet” oleh pengarangnya, Dr. Peter J. D. Adamo ini percaya bahwa setiap orang harus mengkonsumsi makanan berdasarkan golongan darahnya. Karena menurutnya masing-masing golongan darah (0, A, B, AB) memiliki keistimewaan sendiri. Mulai dari makanan apa yang mudah diserap oleh tubuh, olahraga apa yang tepat, penyakit apa yang mudah hinggap, serta bagaimana tubuh memberi respon terhadap stres akan ditentukan oleh golongan darah yang Anda miliki. Tubuh menyerap dan bereaksi terhadap makanan dengancara berbeda sesuai karakteristik golongan darah tersebut.
Reaksi ini dipengaruhi oleh lectin, sejenis protein yang terdapat dalam makanan. Diet sesuai golongan darah mengacu pada makanan yang digolongakan sebagai kelompok yang sangat menguntungkan, netral, dan hindari. Kelompok sangat menguntungkan bisa dinalogikan sebagai ’vitamin’, Sebaliknya kelompok hindari sebagai ’racun’ bagi tubuh. Sedangkan kelompok netral kira-kira berperan sebagai makanan biasa yang menyediakan kalori dan nutrisi untuk tubuh. Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.
Kekurangan
- Terlalu banyak informasi detil yang harus diingat.
- Beberapa jenis makanan dilarang, sehingga agak sulit bagi Anda untuk menyeimbangkan diet.
- Hanya ada sedikit bukti untuk mendukung teori sang pengarang tentang diet dan penurunan berat badan. Dr. Geoff Daniels, haematologist dari International Blood Group Reference Laboratory, Bristol mengatakan, “Saya tidak melihat adanya penelitian yang credible untuk diet ini. Salah satunya, soal lektin yang katanya bereaksi berbeda terhadap tiap golongan darah. Namun ia mengesampingkan fakta bahwa hampir semua lektin telah hancur atau terserap dalam sistem pencernaan jauh sebelum kontak dengan darah.”
GOLONGAN DARAH TIPE A

Golongan darah A lebih cocok dengan hidangan vegetarian dan alami.
Hindari :
a). Hidangan laut berdaging putih, seperti cumi-cumi, kakap putih, lele, ikan gabus, teri dan scalop (sejenis kerang).
b). Makanan awetan seperti sosis, corned beef, dendeng, daging asap dan ham.
c). Susu dan keju.
d). Daging sapi.
Batasi :

a). Ikan.
b). Ayam kampung.
c). Asupan lemak.
d). Makanan dari terigu seperti roti, kue-kue dan cake.
e). Mie instan.
f). Kalau anda sensitif, hati2 dengan kol, mangga, pepaya,jeruk impor dan pisang.
g). Minyak kacang tanah.
h). Kacang merah dan kacang tolo.
i). Tepung terigu wholewheat.
j). Kentang.
Konsumsi :

a). Krim tanpa lemak dan keju alami.
b). Kacang-kacangan dan biji-bijian.
c). Susu kedelai, yoghurt dan kefir.
d). Beras merah, jewawut, havermut (oats),
e). Tepung beras, tepung hunkue.
f). Sayuran segar.
g). Buah-buahan segar.
h). Pati non-gandum dan makanan yang berserat tinggi.
GOLONGAN DARAH TIPE B
Golongan darah tipe B mampu mengkonsumsi bahan makanan nabati dan hewani.
Hindari :
a). Blue cheese dan es krim
b). Ayam.
c). Kepiting, lobster, udang, kerang, scalop, remis, tiram, kodok, belut.
d). Telur puyuh dan telur bebek.
e). Minyak wijen, minyak jagung, minyak biji bunga matahari, minyak kacang tanah dan minyak kedelai.
f). Kacang merah, kacang tolo, kacang mete, pistasio dan garzanbo
g). Terigu dan makanan dari terigu.
h). Lobak, tomat dan jagung.
i). Mie instan.
j). ketan.
Batasi :
a). Kelapa dan santan.
b). Kedelai dan produk olahannya, kacang tanah, biji bunga matahari, biji labu, wijen.
b). Kesemek, delima, belimbing dan pir.

Konsumsi :
a). Daging sapi, domba, kelinci dan kambing.
b). Ikan laut dalam, ikan salmon dan semua ikan beserta hasil laut lainnya.
c). Susu dan semua produk olahannya.
d). Telur ayam organik dan telur ayam kampung.
e). Minyak zaitun.
f). Beras merah, beras putih pecah kulit, beras tumbuk, havermut (oats), bekatul, makanan dari bahan beras atau tepung beras.
g). Sayuran hijau.
h). Nanas dan berbagai jenis buah-buahan lainnya.
GOLONGAN DARAH TIPE O
Golongan darah tipe O adalah kelompok manusia pemburu, yang terbiasa mengkonsumsi banyak daging.
Hindari :
a). Daging olahan, seperti corned beef, daging asap dan dendeng.
b). Ikan olahan, seperti ikan kalengan.
c). Cumi-cumi, ikan lele, ikan gabus dan kodok.
d). Kol, brokoli, kembang kol, sawi dan bokcoy.
e). Taoge, terong, jamur dan kentang.
f). Telur dan susu.
g). Tepung terigu, wholewheat dan makanan hasil olahannya.
h). Jeruk.
Batasi :
a). Kacang-kacangan dan biji-bijan.
b). Polong-polongan
c). Kedelai dan produk olahannya.
d). Kacang hijau dan kacang merah.

Konsumsi :
a). Berbagai jenis daging dan ikan.
b). Sayur-sayuran.
c). Buah-buahan segar.
d). MInyak nabati, seperti minyak zaitun, kanola dan minyak salad.
GOLONGAN DARAH TIPE AB
Golongan darah tipe AB, merupakan paduan tipe gol darah A dan gol darah B.
Hindari :
a). Ayam dan daging unggas lain, seperti bebek dan puyuh.
b). Susu dan produk susu, seperti susu bubuk, susu kental manis dan keju.
c). Kacang-kacangan dan biji-bijian.
d). Wijen dan minyak wijen.
e). Polong-polongan.
f). Jagung, taoge, jamur dan radish.
g). Jeruk dan pisang.
h). Telur bebek.
i). Daging olahan, seperti daging asap, sosis dan corned beef.
Batasi :
a). Kepiting, lobster, udang, cumi-cumi, ikan ekor kuning, belut, teri dan kodok.
b). Daging sapi.
c). Minyak jagung, minyak wijen dan minyak biji bunga matahari.
d). Kacang-kacangan dan biji-bijian.
e). Polong-polongan.
f). Tepung terigu dan hasil olahannya, seperti cake, roti, kue dan pasta.

Konsumsi :
a). Hidangan hasil laut.
b). Susu fermentasi, seperti yoghurt dan kefir.
c). Minyak zaitun, minyak kanola, minyak kacang tanah dan minyak kedelai.
d). Kacang tanah.
e). Miju-miju dan kacang merah.
f). Kedelai dan hasil olahannya, seperti tahu, tempe dan susu kedelai.
g). Makanan dari beras, tepung beras dan havermut.
h). Buah-buahan.
j). Sayur-sayuran.
South Beach Diet
Disebut South Beach Diet (SBD)  karena pencetus ini,  Agatson berasal dari Miami Florida, sebuah kawasan yang identik dengan pantai indah, fashion, makan enak dan -wanita cantik seperti dalam serial Baywatch. Awalnya, Agatston membuat diet ini untuk kepentingan para pasien penyakit jantungnya. Namun ternyata diet yang diberikan juga berhasil menurunkan berat badan para pasiennya sampai 6 kg dalam waktu 2 minggu. Alhasil, orang pun berbondong-bondong ikut mempraktekkannya.
Alasan awal Agatston untuk membuat diet ini karena dia melihat cara tradisional menurunkan berat badan, baik dengan mengurangi makanan berlemak atau mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat seringkali tidak berhasil. la pun kemudian menciptakan diet sendiri, yang menekankan pada pengurangan konsumsi karbohidrat. Karena menurut Agatston, umumnya kelebihan berat badan disebabkan oleh konsumsi karbohidrat yang berlebihan, yang akan meningkatkan kadar gula darah. Gaya dietnya disebut-sebut mengkopi Diet Atkins karena keduanya sama-sama membatasi asupan karbohidrat dan menyarankan konsumsi protein dan lemak.
Walau tak keberatan dibanding-bandingkan dengan Atkins, namun nyatanya memang ada perbedaan mendasar di antara keduanya. Agatston menyarankan pengikutnya untuk menjauhi lemak jenuh dan menyarankan untuk mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal seperti minyak zaitun dan asam lemak omega 3 yang ditemukan pada ikan. Hal yang tidak dilakukan oleh Atkins.
Secara garis besar South Beach Diet dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap yang paling ketat, berlangsung selama dua minggu. Lumayan berat, tapi kalau Anda disiplin menjalankannya, Agatston menjanjikan diet ini bisa menurunkan berat badan hingga 6,5 kg. Anda diperbolehkan mengkonsumsi banyak sayuran, daging, kacang-kacangan, keju dan telur. Namun untuk sementara Anda harus say goodbye pada makanan yang kadar gulanya tinggi dan berlemak, seperti roti, nasi, kentang, pasta, mie atau makanan dari tepung yang digoreng, gula, permen, atau buah yang manis.

Menurut Agatston, tahap ini dimaksudkan untuk menghilangkan kebiasaan Anda mengkonsumsi karbohidrat atau makanan manis secara berlebihan. Dengan cara ini, menurutnya, keingman Anda untuk mencicipi makanan yang serba manis akan hilang perlahanlahan. Berat badan Anda pun akan akan turun lumayan banyak, kira-kira 4.6 kg. dan kebanyakan bobot tubuh yang hilang berasal dari lemak yang menumpuk di perut.
Walau terkesan berat, sebenarnya pada tahap ini anda tak perlu takut akan merasa kelaparan. Anda tetap dapat makan 3 kali sehari dengan porsi cukup. Bahkan anda masih boleh makan snack di pagi dan sore hari, asalkan makanan yang dikonsumsi tidak berlebihan atau menyalahi aturan dasar. Juga tidak ada larangan untuk minum kopi dan teh. Anda pun masih masih bisa menyantap makanan pencuci mulut setelah makan malam.
Pada tahapan yang kedua, anda dapat lebih leluasa mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Tapai semua tetap dalam porsi wajar. Apabila anda suka nasi, anda boleh kembali memakannya. Begitu juga denga buah-buahan. Anda bahkan boleh makan coklat, walau tentu saja anda harus memilih jenis coklat yang tidak terlalu menggemukan, seperti misalnya dark chocolate, tanpa tambahan kacang dan caramel.

Di tahap ini, berat badan Anda akan terus mengalami penurunan, yaitu sekitar 0,5-1 kg seminggu. Lama tahap ini tergantung pada jumlah penurunan berat badan yang Anda mginkan. Apabila telah tercapai, Anda bisa langsung masuk ke tahap 3. yang merupakan tahap terakhir dan paling liberal dalam diet ini, Tahap ke 3 hanya dimaksudkan untuk menjaga berat badan Anda selalu pada posisi ideal, karena Anda dianggap akan terus menjalaninya selama seumur hidup. Kendati mungkin bisa saja terjadi ada saat Anda sedikit terlena atau bosan setelah menjalaninya bertahun-tahun, Anda tetap bisa kembali mengulangi tahap 1 Selama 2 minggu. Lalu, Anda pun bisa melanjutkan
ke tahap 3.
Program Okinawa
Program ini diilhami dari kebiasaan hidup penduduk kepulauan Okinawa yang merupakan tempat bermukimnya orang-orang berumur panjang dan sehat, jauh dari penyakit jantung, kanker dan penyakit kronis lainnya. Program Okinawa dibuat berdasarkan riset terhadap pola hidup penduduk Okinawa Selama 25 tahun oleh tiga serangkai Badley J. Willcox, MD, MSc, dari Division on Aging Harvard Medical School, saudara kembarnya D. Craig Willcox Ph.D, gerontolos dan Antropolog Okinawa Cenetarian Study, serta Makato Suzuki MD., PhD., ahli kardiologi geriatri, dari Okinawa International University. Di daiamnya tercakup diet, olah tubuh, cara mengatasi stres serta keberhasilan para penduduk Okinawa mengabungkan cara Timur dan Barat dalam pemeliharaan kesehatan mereka.
Prinsip pola makan Okinawa yang disebut Nuchi Cusui mengacu pada keseimbangan tiga hal : tinggi karbohidrat, rendah kalori dan bersumber pada tumbuh-tumbuhan, Sepintas pola makan ini mirip dengan piramida makanan menurut anjuran pola makan Amerika Serikat (US Daily Allowance). Namun Nuchi Gusui membagi dengan jelas antara makanan yang boleh dimakan setiap hari dengan yang hanya boleh dimakan setiap minggunya. Dengan demikian akan lebih mudah Anda mengetahui apakah Anda sering mengkonsumsi makanan tertentu atau tidak.
Makanan yang termasuk golongan ’harian’ di antaranya adalah nasi, roti, mie, sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung flavonoid dan kalsium, makanan omega 3, minyak sayur, rempah-rempah. Sedangkan yang dimakan mingguan adalah daging, unggas, telur dan makanan manis. Pada intinya, pola makan Okinawa memperbolehkan Anda mengkonsumsi semua jenis makanan, asal tidak berlebihan secara keseluruhan dan jumlahnya harus seimbang.

0 komentar:

Post a Comment