Pink Strawberry

Saturday, September 29, 2012

Manfaat dan Bahaya masakan pedas

Negara kita indonesia memang memiliki bermacam-macam kekayaan yang tak ternilai,salah satunya adalah kekayaan Kuliner.Khazanah kuliner kita sangat beragam,baik itu dari segi rasa ataupun bahan.Semua itu tentunya sangat nikmat dan lezat serta sesuai dengan Lidah kita orang indonesia.Dari makanan yang memiliki rasa yang pedas ataupun makanan yang tidak pedas.Memang tak dapat dipungkiri hampir semua orang indonesia menyukai makanan yang bercita rasa pedas,karena selain lezat juga mempunyai tantangan tersendiri untuk menikmatinya apalagi sekarang ini banyak olahan-olahan makanan pedas.Sebut saja keripik pedas,nasi goreng pedas,mie goreng pedas,ramen dan aneka masakan lain yang biasanya mempunyai level-level tertentu dan kadangkala mempunyai nama horor seperti nasi goreng setan,mie goreng pedas mampus ataupun keripik iblis.

Akan tetapi yang akan saya tulis disini bukanlah tentang nama-nama makanan tersebut,melainkan manfaat dan bahaya jika kita mengkonsumsi makanan yang pedas .Makanan pedas disini bukan berarti hanya makanan pedas yang berasal dari cabe,bisa juga makanan yang rasa pedasnya didapatkan dari merica,lada hitam dan bumbu lainnya.
Makanan pedas sebenarnya mempunyai banyak manfaat kesehatan akan tetapi juga mempunyai bahaya jika kita mengkonsumsinya terlalu berlebihan ataupun rasa pedas dari makanan tersebut berasal dari zat kimia yang membahayakan.

Manfaat makanan pedas

1.Menyehatkan jantung

Dari beberapa hasil studi menunjukkan,bahwa budaya mengkonsumsi masakan pedas terutama pedas yang berasa dari cabai menyebabkan resiko serangan jantung dan stroke menurun. Hal ini dikarenakan ,cabai mempunyai senyawa kapsaisin yang bisa melawan peradangan selain itu cabai merah juga dapat mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat. Dan kedua hal tersebut adalah faktor resiko penyebab serangan jantung.

2.Menurunkan Berat Badan

Semua orang terutama para wanita pasti menginginkan tubuh yang langsing,ternyata hal tersebut bisa didapatkan dari makanan pedas.Selain rasanya yang nikmat dan menggugah selera,menyantap makanan pedas ternyata membantu meningkatkan metabolisme tubuh,selain itu senyawa kapsaisin yang merupakan senyawa utama dari cabai memiliki efek termogenik yaitu efek yang membuat tubuh kita membakar kalori saat kita mengunyah selama 20 menit.

3.Mencegah Kanker

Kandungan Kapsaisin pada cabai mempunyai kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker,begitu pula kandungan yang dimiliki kunyit dapat memperlambat penyebaran kanker dan pertumbuhan tumor.
Hal tersebut seperti yang diungkapkan oleh seorang konsultan senior untuk inovasi perwatan kesehatan di Allina Hospital and clinics di Minnesota,Gregory A.plotnikoff MD bahwa "Bumbu-bumbu tersebut memiliki efek yang sama bagi tubuh seperti yang dilakukan oleh obat-obatan kanker"

4.Menurunkan tekanan darah.
Selain kapsaisin cabai juga mengandung banyak vitamin C dan vitamin A yang mempunyai manfaat untuk menguatkan  dinding otot jantung,sementa itu kandungan dari lada membantu melancarkan dan meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh.Dengan kedua hal tersebut maka akan menghasilkan sistem kardiovaskuler yang lebih kuat.

5. Mengurangi stres. 
Mengkonsumsi makanan pedas ternyata meningkatkan hormon Serotonin dan endorfin dimana salah satu fungsinya adalah mengurangi rasa nyeri dan membuat rasa nyaman dan menyenangkan.Dengan demikian hal itu dapat membantu kita mengurangi rasa depresi dan stres.


Bahaya Makanan Pedas

Selain manfaat-manfaat yang bisa kita dapat dari makan makanan pedas,terdapat juga bahaya apabila kita mengkonsumsinya secara berlebihan.Diantaranya adalah :

1.Maag

Mengkonsumsi makanan pedas terlalu sering dapat menyebabkan lapisan-lapisan lambung menipis dan gampang terkena infeksi Atau disebut juga dengan Maag atau gastritis.Hal ini dikarenakan makanan pedas merupakan kombinasi asam.dan semakin banyak asam yang masuk kelambung maka akan menyebabkan kerusakan dan peradangan.

2.Diare

Bagi sebagian orang Mengkonsumsi makanan Pedas dapat menyebabkan iritasi di usus besar dimana efek itu akan langsung terasa.Untuk mengatasi iritasi tersebut tubuh kita akan mengirimkan lebih banyak air keusus besar.Hal ini lah yang akan memicu terjadinya diare.

3.Berkurangnya sensitivitas lidah

Jika kita  terbiasa mengkonsumsi  makanan pedas dan merasa makanan  tersebut  tidak lagi terasa pedas bukan berarti lidah kita  menjadi kuat.Melainkan sensitivitas lidah sebagai indera perasa kita mulai berkurang,hal tersebut  tentu saja akan berdampak tidak bagus pada kesehatan tubuh kita.Seperti terjadinya konsumsi makanan pedas yang  berlebihan diluar batas dan kemampuan tubuh kita untuk menolerirnya,ataupun berkurangnya nafsu makan karena lidah kita tidak peka lagi  terhadap rasa-rasa dari makanan yang kita konsumsi.     

4. Insomnia

Seperti kita ketahui untuk tidur kondisi tubuh harus dalam keadaan  rileks terutama pada fase pertama sebelum terlelap,untuk itu sebaiknya kita menghindari  makanan pedas disaat akan beristirahat.Hal ini   dikarenakan mengkonsumsi makanan pedas akan meningkatkan temperatur tubuh kita serta                    memicu detak jantung menjadi lebih cepat dan tentu saja itu akan mengganggu istirahat kita.       

                     
                                     

0 komentar:

Post a Comment