Pink Strawberry

Wednesday, October 10, 2012

Perbaikan Jawaban Kuis Komunikasi Gizi


   Nama  :  Dina Mariana
   NIM   :   11S10009




    1.  Jelaskan menurut anda tujuan komunikasi ?
Tujuan komunikasi adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain baik itu berupa pemikiran ataupun perasaan secara verbal atau non verbal sehingga mempermudah,memperlancar suatu kegiatan pemberian informasi antar pribadi,kelompok,organisasi,public dan massa  dan dapat menciptakan pemahaman bersama,mengubah persepsi bahkan perilaku.

2  2.  Jelaskan menurut anda apa saja unsur-unsur dalam komunikasi ?
unsur-unsur komunikasi adalah bagian pembentuk yang disyaratkan agar komunikasi terjadi,unsur-unsur komunikasi terdiri atas : 

a.Sumber(orang yang akan memprakarsai komunikasi)  
Sumber(Komunikator) adalah pihak yang bertindak sebagai pengirim pesan dalam sebuah proses komunikasi  Dengan kata lain, komunikator merupakan seseorang atau sekelompok orang yang berinisiatif untuk menjadi sumber dalam sebuah hubungan komunikasi.

Syarat seorang sumber (komunikator) yang baik ada 3 yaitu : 

1)  Etos : Kepribadian (jujur,adil,rendah hati,bersahabat,dll) yang mengesankan penerima
2) Patos : Kemampuan dan keterampilan berkomunikasi (mampu berkomunikasi secara verbal dan non verbal) yang menggugah penerima
3)  Logos : Pengetahuan tentang apa yang dikomunikasikan

b.Pesan (suatu maksud yang disampaikan oleh pengirim kepada penerima)

 Secara umum, jenis pesan terbagi menjadi dua, yakni pesan verbal dan non-verbal. Pesan verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya menggunakan kata-kata, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan apa yang didengarnya.Sedangkan, pesan non-verbal adalah jenis pesan yang penyampaiannya tidak menggunakan kata-kata secara langsung, dan dapat dipahami isinya oleh penerima berdasarkan gerak-gerik, tingkah laku, mimik wajah, atau ekspresi muka pengirim pesan.

c.Media (alat yang berfungsi untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima)
Terdapat dua cara:
  1. Non mediated communication (face to face), secara langsung.
  2. Dengan media.

d.Penerima  (pihak yang memperoleh pesan yang dikirmkan oleh sumber)

Peran penerima adalah mencerna dan menanggapi pesan tersebut.Secara garis besar, penerima dapat terbagi menjadi penerima aktif dan penerima pasif.Penerima pasif adalah orang yang hanya menerima pesan yang datang kepadanya, tanpa memberikan tanggapan serta umpan balik (feedback). Sedangkan, penerima aktif adalah orang yang tidak saja menerima pesan yang datang kepadanya, tetapi juga memberikan tanggapan atau feedback secara aktif (berkelanjutan) kepada pengirim.


e.Efek 

Efek diartikan sebagai pengaruh yang ditimbulkan oleh pesan sumber(komunikator) dalam diri penerimanya.
Terdapat tiga tataran pengaruh dalam diri penerima:
  1. Kognitif (seseorang menjadi tahu sesuatu).
  2. Afektif (sikap seseorang terbentuk).
  3. Konatif (tingkah laku, hal yang membuat seseorang bertindak melakukan sesuatu).

f.Umpan balik

Umpan balik dapat dimaknai sebagai jawaban komunikan atas pesan komunikator yang disampaikan kepadanya. Pada komunikasi yang dinamis, komunikator dan komunikan terus-menerus saling bertukar peran. 


g.Konteks

Konteks atau situasi adalah faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi jalannya komunikasi,terdiri atas situasi fisik,sosial,kultural,dan psikologis.


h.Gangguan
Gangguan komunikasi adalah hambatan yang dirasakan oleh sumber dan penerima ketika komunikasi berlangsung
3  

    3.  Bagaimana cara mengatasi hambatan komunikasi?

Cara mengatasi hambatan komunikasi adalah sesuai dengan letak hambatannya,yaitu :
-sumber : Meningkatkan kredibilitas dan keterampilan berkomunikasi melalui peningkatan etos,patos,logos

-pesan :  Menggunakan pesan yang tepat dan trampil dalam memanfaatkan pesan baik itu verbal atau nonverbal sesuai dengan kemampuan sumber,penerima,serta media dan konteks

-media  :  Memilih media yang sesuai dengan pesan yang akan disampaikan

-penerima : Merancang sasaran penerima yang tepat sesuai dengan kebutuhan sumber,dan kesesuaian dengan pesan yang akan disampaikan serta kemudahan media yang digunakan.

0 komentar:

Post a Comment